Skip to main content


Cara Daftar Kartu Prakerja di Banjarmasin, Kalsel


Belum lama ini pemerintah Indonesia mengeluarkan program baru yakni pendaftaran kartu prakerja. Kartu prakerja ditujukan untuk setiap pekerja yang menjadi korban PHK maupun sedang membutuhkan pekerjaan. Kartu ini penting sebab di dalamnya akan terdapat pelatihan ataupun simulasi mengenai suatu pekerjaan.

Tunjangan kompensasi pun diberikan sehingga akan sangat membantu pendaftar. Untuk registrasi kartu prakerja membutuhkan tahapan yang agak panjang maka dari itu Anda harus benar-benar paham urutan langkahnya.

Berikut adalah cara daftar kartu prakerja di Banjarmasin, Kalsel:


bagaimana cara daftar kartu prakerja banjarmasin kalsel
Tampilan dasbor situs prakerja.go.id


Urutan Cara Daftar Kartu Prakerja di Banjarmasin, Kalsel


1. Pastikan Anda lolos syarat

Bila ingin mendaftar kartu prakerja, paling tidak pahami dahulu syarat dan ketentuannya. Pastikan Anda tergolong bisa mendaftar program pemerintah ini. Adapun ketentuan dapat mengikuti program ini yakni merupakan warga negara Indonesia asli, usia minimal 18 tahun serta tidak sedang menempuh pendidikan formal.


2. Buat akun dahulu

Pendaftaran kartu prakerja dilakukan dengan cara online. Anda dapat mulai mendaftar dengan syarat sudah memiliki akun terlebih dahulu. Pembuatan akun dapat dilakukan melalui situs prakerja.go.id. Di situs web pemerintah tersebut isilah dengan biodata diri serta memulai membuat akun. Klik daftar lalu lakukan proses pembuatan akun dengan memasukan email, password dan verifikasi.


3. Login

Ketika sudah memiliki akun maka Anda sudah siap melakukan pendaftaran kartu prakerja. Calon pendaftar hanya perlu masuk ke situs prakerja.go.id untuk kemudian memasukan email dan kata sandi akun pribadi. Apabila sudah berhasil masuk ke website, berikutnya menuju dashboard akun.


4. Lakukan verifikasi

Setiap registrasi sesuatu tentu membutuhkan verifikasi yang ketat. Tujuannya ialah agar akun ke depannya aman dan tidak mudah hilang. Cara daftar kartu prakerja di Banjarmasin, Kalsel berikutnya ialah melakukan beragam verifikasi mulai dari verifikasi KTP beserta foto hingga verifikasi nomor ponsel. Pastikan Anda teliti dalam mengisi setiap detailnya sebelum klik tombol kirim.


5. Tes kartu prakerja

Setelah mengirim verifikasi maka Anda sudah resmi terdaftar dalam program pemerintah ini. Namun ada satu tahapan yang harus di persiapkan yakni melakukan tes pada tenggang waktu yang sudah di siapkan. Tes kartu prakerja itu sendiri berisi soal yang harus dikerjakan dengan durasi 25 menit untuk 18 soal. Materi soal meliputi matematika, pemahaman bacaan serta pengurutan instruksi


6. Cek hasil

Sesaat setelah selesai mengerjakan tes kartu prakerja maka pendaftar hanya perlu menunggu hasilnya. Hasil akan keluar kurang lebih selama 5 menit setelah selesai mengerjakan. Nantinya akan ada pengumuman kalau Anda lolos ataupun gagal.


Baca juga:

Bagaimana cara daftar Paket C di Banjarmasin?


Itulah beberapa langkah mendaftar kartu prakerja di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pendaftaran kartu demikian cukup mudah jika Anda mengikuti tahapannya dengan benar.

Perlu diketahui bahwa setelah lolos tes maka akan ada sederet kegiatan lain seperti mengikuti pelatihan yang disediakan.

Peserta kartu prakerja juga akan memperoleh intensif sebesar Rp 600.000 selama empat bulan.

Baca Juga




close
Jual madu asli Yaman