--> Skip to main content


Panduan New Normal Covid-19 di Banjarmasin yang Perlu Anda Tahu


Covid-19 atau virus corona merupakan pandemic yang begitu meresahkan dari beberapa bulan ini. Virus yang datang dari Tiongkok tersebut telah merenggut banyak korban serta mengganggu jalannya bisnis.

Mengatasi penularan yang tiada henti dari corona, pemerintah belum lama ini menerbitkan panduan new normal. Panduan demikian dimaksudkan agar penyebaran covid-19 segera bisa dihentikan.

Berikut ini adalah beberapa panduan new normal covid-19 di Banjarmasin.


panduan new normal baru di banjarmasin kalimantan selatan
Ilustrasi "New Normal"


Inilah Panduan New Normal Covid-19 di Banjarmasin


1. Penggunaan masker

Beberapa tempat sudah mulai dapat diakses meski dibatasi dengan jam tertentu saja. Untuk Anda yang terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja ataupun berbelanja jangan lupa untuk selalu menggunakan masker. Masker merupakan perlengkapan penting agar Anda tak mudah tertular virus yang datang dari kota Wuhan, Tiongkok ini. Untuk Anda yang tetap bekerja pun wajib untuk terus mengenakan masker di tempat kerja.


2. Rajin mencuci tangan

Banjarmasin sebagai salah satu kota yang terdampak covid-19 belum lama ini menerbitkan beberapa peraturan tegas. Peraturan tersebut salah satunya ialah mewajibkan Anda mencuci tangan sesering mungkin. Mencuci tangan merupakan langkah efektif mengingat penularan virus begitu gampang menempel pada setiap bagian tubuh manusia. Bahkan pada panduan new normal covid-19 di Banjarmasin juga mewajibkan setiap perusahaan ataupun toko memberikan tempat cuci tangan beserta sabun dan handsanitizer.


3. Tetap menerapkan physical distancing

Menjaga jarak satu sama lain atau physical distancing merupakan  protokol penting memutus rantai penularan virus corona. Menyadari akan hal tersebut di Banjarmasin pun penerapan lebih dipertegas dilakukan. Jarak aman masing-masing ialah sejauh 1 meter. Bahkan pada perusahaan diwajibkan menerapkan pengaturan jarak antar karyawan. Bisa meliputi pengaturan kursi dan meja kerja ataupun tempat duduk di kantin.


4. Kampanye pola hidup sehat

Panduan new normal covid-19 di Banjarmasin ialah mengampanyekan pola hidup sehat. Kampanye bisa diberlakukan di mana pun termasuk sosial media ataupun pengusaha untuk karyawan perusahaan. Penerangan pola hidup sehat meliputi pola makan yang baik dan benar, olahraga sebelum beraktivitas atau bekerja, rajin dalam mencuci tangan, serta menghindari berbagai barang yang digunakan secara bersamaan. Kampanye demikian dilaksanakan demi memutus penularan virus corona yang belum berakhir ini.


5. Memberikan fasilitas kerja yang sehat dan aman

Panduan ini berlaku bagi para pelaku usaha yang mewajibkan karyawan tetap bekerja. Mengingat adanya risiko penularan yang besar maka pelaku bisnis wajib memberikan fasilitas yang baik dan aman. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas seperti tersedia tempat cuci tangan dan pemberian jarak antar karyawan. Selain itu penting juga diberlakukan pengukuran suhu serta pembersihan lokasi dengan semprot desinfektan secara rutin. Kualitas udara di kantor pun wajib diperhatikan pelaku usaha.


6. Pengaturan waktu kerja

Untuk pebisnis juga diberlakukan pengaturan mengenai waktu kerja selama covid-19. Pemerintah Banjarmasin menerapkan agar waktu kerja tidak sampai terlalu lembur. Hal itu agar karyawan dapat memperoleh waktu istirahat yang cukup. Selain itu, jika dimungkinkan waktu kera dari malam sampai pagi hari di hilangkan. Pemberlakuan shift 3 juga membatasi waktu istirahat karyawan karena harus lembur.


Baca juga:

Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja di Banjarmasin? Ini jawabannya!


Itu dia beberapa panduan new normal covid-19 di Banjarmasin.

Mengingat virus corona yang belum juga reda ada baiknya semua pihak mengikuti peraturan dengan baik dan benar. Apalagi penularan virus dari China ini begitu mudah ditularkan sehingga sangat berbahaya.

Untuk itu butuh langkah tegas bagi pemerintah dan semua pihak terkait agar bersikap disiplin agar rantai penularan virus dapat terputus.

Baca Juga