--> Skip to main content


Daftar Calon Gubernur Potensial di Pilgub / Pilkada Kalsel 2020 yang Perlu Anda Ketahui


Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalimantan Selatan tahun 2020 diikuti oleh beberapa kandidat potensial.

Mereka yang mengikuti Pilkada berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Beberapa partai politik pun turut mengirimkan kandidatnya sebagai perwakilan untuk mengikuti Pilgub.

Untuk mengetahui Daftar Calon Gubernur Potensial di Pilgub / Pilkada Kalsel 2020, simak penjelasan berikut ini.


daftar calon gubernur cagub kalimantan selatan di pilkada 2020
Logo Pilgub Kalsel 2020 / KPU Kalsel


Mengenal Daftar Calon Gubernur Potensial di Pilgub / Pilkada Kalsel 2020

Pemilihan Gubernur tentu menjadi ajang pemilihan umum yang akan berlangsung cukup ramai. Masyarakat bisa berbondong-bondong memilih calon gubernur yang akan menjadi pemimpinnya. Maka dari itu, untuk bisa berpartisipasi lebih baik dalam Pilkada kali ini, simak daftar calon gubernur yang potensial berikut ini:


Sahbirin Noor

Gubernur kalimantan Selatan yang menjabat untuk tahun 2016-2021 ini merupakan kandidat yang cukup kuat. Di Pilkada kali ini, sosoknya tentu akan mendapatkan banyak dukungan dari berbagai daerah. Sosok yang akrab disapa Paman Birin ini diprediksi akan mengunci perolehan suara di beberapa daerah pesisir, seperti Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan juga Kotabaru.


Rudy Resnawan

Kandidat yang juga cukup potensial pada ajang Pilkada di Kalimantan Selatan 2020 ini datang dari Wakil Gubernur yang telah mendampingi Paman Birin. Laki-laki kelahiran Kalimantan Selatan yang merupakan politisi PPP ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Wali Kota Banjarbaru selama dua periode, yaitu pada tahun 2000-2005 dan juga periode tahun 2005-2010.


H Muhidin

H Muhidin, laki-laki yang menjabat sebagai Wali Kota Banjarmasin pada tahun 2010-2015 lalu ini juga digadang-gadang sebagai calon yang kuat. Ia merupakan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan.


Khairul Saleh

Khairul Saleh merupakan laki-laki kelahiran Tabalong yang menjabat sebagai Bupati Kabupaten Banjar untuk periode 2010-2015. Sosok yang sebelumnya bergelar Ir Haji Gusti Khairul Saleh ini juga menjadi salah satu calon yang potensial. Tahun 2015 lalu, politisi dari Partai Amanat Nasional ini pernah dilantik sebagai ketua ICMI Orwil di Kalimantan Selatan.


Mardani H Maming

Calon Gubernur Potensial di Pilgub / Pilkada Kalsel 2020 selanjutnya adalah Mardani H Maming. Ia merupakan laki-laki kelahiran Tanah Bumbu yang menjabat sebagai Ketua Umum BPP HIPMI untuk periode tahun 2019-2022. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu.


Rosehan Noor Bahri

Calon berikutnya adalah Rosehan Noor Bahri, laki-laki kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Roosehan merupakan wakil gubernur Kalimantan Selatan untuk periode 2005-2010. Politisi PDI Perjuangan ini juga pernah mencalonkan diri menjadi gubernur Kalsel pada tahun 2010, namun kalah bersaing dengan petahana kala itu, yakni H. Rudy Ariffin.


Habib Abdurrahman Bahasyim

Habib Abdurrahman merupakan seorang politisi Partai Demokrat yang juga menjadi calon gubernur yang cukup potensial. Laki-laki kelahiran Banjarmasin ini diketahui merupakan seorang anggota DPD RI untuk periode 2019-2024. Sehingga saat ini, ia juga masih menjabat sebagai anggota DPD-RI. Selain itu, ia juga merupakan ketua dari FPI Kalimantan Selatan.


Baca juga:

Cara daftar Kartu Prakerja di Banjarmasin, Kalsel


Nah, itulah tadi Calon Gubernur Potensial di Pilgub / Pilkada Kalsel 2020 yang akan bersaing dengan ketat.

Sebagai warga Kalimantan Selatan, tentu sangat penting untuk mengetahui latar belakang dari setiap kandidat. Karena dengan begitu, Anda dapat menentukan pilihan mana yang paling tepat. Sehingga Kalimantan Selatan akan menjadi lebih maju setelah mendapatkan gubernur yang baru.

Baca Juga