Skip to main content

Pendaftaran Paket C di Banjarmasin Tanpa Rumit Tanpa Sulit


Pendidikan menjadi hak setiap warga negara Indonesia yang bisa ditempuh semua kalangan. Selain pendidikan formal di jenjang SD, SMP, SMA, ada pula istilah “Kelompok Belajar” atau dikenal sebagai kejar yang merupakan jalur nonformal untuk menempuh pendidikan.

Program kejar terbagi menjadi Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA).

Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui terkait pendaftaran paket C di Banjarmasin.


pendaftaram paket c banjarmasin dengan mudah
Cara daftar Paket C di Banjarmasin


Hal-Hal Seputar Pendaftaran Paket C di Banjarmasin yang Wajib Diketahui


1. Ketahui Lembaga Penyelenggara Ujian Paket C

Anda perlu mengetahui lembaga yang menyelenggarakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebelum mendaftar Paket C. Di Banjarmasin telah banyak dibuka PKBM Paket C, Anda bisa memilih yang terdekat dengan tempat tinggal.


2. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan guna pendaftaran Paket C antara lain ijazah SMP yang telah dilegalisasi sebanyak 5 lembar, foto pribadi formal berukuran 3x4 (10 buah), serta formulir pendaftaran penyelenggara Paket C yang bersangkutan.


3. Kirim Dokumen ke Penyelenggara

Setelah semua dokumen lengkap, langkah selanjutnya dalam pendaftaran paket C di Banjarmasin adalah kirim berkas-berkas kepada lembaga penyelenggara. Anda bisa mengirimnya melalui email dengan cara di-scan. Selain itu juga bisa mengirimkannya secara langsung menuju lokasi pendaftaran ataupun melalui pos.


4. Ketahui Periode Pendaftaran

Anda perlu mengetahui periode pendaftaran Paket C yang diselenggarakan. Pada masing-masing lembaga terdapat perbedaan periode, tapi biasanya berlangsung hingga Desember tiap tahunnya. Ada juga lembaga yang menyelenggarakan ujian Paket C dua kali dalam satu tahun, oleh karena itu penting bagi Anda mencari tahu secara detail periode ujian beserta timeline pendaftaran.


5. Fasilitas Pendidikan yang Didapatkan

Penyelenggara program Paket C tidak hanya memfasilitasi ujian saja, ada pula program pendidikan setara SMA yang terbagi atas bidang IPA dan IPS. Waktu belajar yang fleksibel bisa disesuaikan dengan aktivitas dan kesibukan Anda.


Baca juga:

5 Pondok pesantren terbaik di Banjarmasin (versi Klikbanjar.com)


Itulah hal-hal terkait pendaftaran paket C di Banjarmasin yang perlu Anda ketahui.

Saat ini telah banyak lembaga yang menyediakan kegiatan belajar masyarakat untuk Paket C, sehingga Anda bisa memilih yang terdekat sesuai lokasi.

Baca Juga
> Jual eBook bisnis online kekinian: Rp25.000, bisa bayar pakai pulsa, loh!