--> Skip to main content


Sebelum Mengganti Velg Mobil, Perhatikan Dulu Ini!

Agar tampilan mobil bekas yang dibeli dengan sistem cicilan mobil bekas murah terlihat lebih menarik, banyak pemilik mobil yang melakukan modifikasi ulang pada mobil mereka. Ya, memodifikasi ulang mobil dianggap memberikan kesan yang lebih keren pada mobil karena itu tak heran jika pemilik mobil kerap memodifikasi mobil bekasnya. 


Salah satu modifikasi yang dilakukan adalah mengganti velg mobil. Velg mobil sendiri merupakan lingkaran logam yang terdapat pada bagian ban dan dijadikan sebagai tumpuan mobil. Dengan melakukan penggantian pada bagian velg ini, maka membuat mobil pun terlihat lebih sporty. Namun demikian, sebelum mengganti komponen velg tersebut, ada beberapa hal harus diperhatikan terlebih dahulu, di antaranya: 

1. Diameter. Setiap velg mobil umumnya memiliki ukuran ring atau diameter yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu, pastikan Anda memilih jenis velg yang sesuai dengan mobil yang Anda gunakan. Tak hanya itu saja, Anda juga tidak disarankan memilih ukuran velg yang berbeda dari ukuran asli karena bisa memberikan dampak buruk pada mobil Anda. 

2. PCD. PCD (Pitch Circle Diameter) merupakan jarak antar lubang baut yang terdapat pada velg. Biasanya, setiap mobil memiliki ukuran PCD yang berbeda-beda seperti PCD 4 x 100 mm, 5 x 114,3 mm, 6 x 139,7 mm, dan lain sebagainya. Ketika mengganti velg pada mobil, maka gunakanlah PCD yang sesuai dengan mobil Anda. Misalnya saja, jika velg mobil Anda memiliki PCD 5 X 114,3, maka artinya velg punya lubang baut sebanyak 5 buah dan diameter 114,3 mm. Jangan ditambah atau dikurangi karena akan berdampak buruk pada mobil Anda nantinya. 

3. Lebar velg. Tak kalah penting, Anda juga harus memerhatikan bagian lebar velg atau tapak keseluruhan roda. Biasanya, bagian velg ini dibenamkan di semua kode huruf yang menjadi penentu velg yang akan digunakan pada mobil. Lebar velg harus sama dengan diameter velg agar sesuai dan amannya menaikkan 2 inch, di mana jika lebar velg standar adalah 6 inch maka maksimalnya menjadi 8 inch.

4. Rasio ban. Pemilik mobil kerap memilih velg dengan diameter besar namun menggunakan ban berukuran tipis. Hal ini tentu salah karena kemampuan ban dalam menyerap getaran menjadi berkurang. Untuk itu, pada saat mengganti velg, baiknya pilih rasio ban yang tidak terlalu tipis agar tidak mengurangi getaran pada ban. 

5. Desain. Pilih desain velg yang sesuai dengan tipe maupun jenis mobil yang Anda gunakan. Dengan begitu, mobil Anda tentu akan terlihat semakin keren. Atau, jika bingung memilihnya, maka Anda bisa meminta saran dari montir ataupun teman untuk memutuskan desain velg seperti apakah yang cocok dipasang pada mobil Anda. 


Itulah dia beberapa hal yang penting harus diperhatikan ketika mengganti velg mobil. Semoga artikelnya bermanfaat!


Baca Juga