--> Skip to main content


Tips Merawat Matras Kasur Agar Tahan Lama

Umumnya, matras kasur yang baik bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama hingga 10 tahun tanpa terjadi kerusakan. Namun, usia penggunaan matras tersebut tentu saja tetap bergantung pada bagaimana tingkat penggunaan yang dilakukan serta perawatan yang diaplikasikan. Oleh karenanya, perawatan matras menjadi hal yang cukup penting.

Tidak dimungkiri memang bahwa dengan perawatan yang tepat, matras yang Anda miliki akan cenderung lebih awet dan tentu bisa digunakan hingga kurun waktu yang lama. Hanya saja, masih cukup banyak pengguna yang tidak tahu bagaimana cara perawatan matras yang tepat. Padahal, sejatinya, perawatan untuk matras kasur bisa dikatakan cukup sederhana.




Ragam Tips Perawatan Matras Kasur yang Tepat

Ada beberapa tips yang cukup mudah untuk diaplikasikan sebagai cara merawat matras kasur di rumah Anda. Dengan tips ini, tentu perawatan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan Anda pun akan memiliki matras yang senantiasa bagus untuk tidur yang lebih berkualitas.

Lantas, apa saja tips perawatan yang harus dilakukan? 


1) Menggunakan pelindung matras

Mattress protector atau pelindung matras adalah aksesoris yang bisa ditambahkan untuk merawat matras kasur agar tidak mudah rusak dan senantiasa dalam kondisi yang baik. Nah, pelindung ini nantinya akan membuat matras cenderung lebih terjaga kebersihannya, terutama dari debu yang kerap menjadi masalah.

Selain itu, dari segi dekorasi, pelindung matras ini juga memiliki fungsi yang cukup penting. Desain pelindung matras yang cukup bervariasi dengan aneka motif dan warna menjadikan aksesoris ini cocok untuk pelengkap dekorasi kamar tidur yang Anda gunakan.


2) Mengatur suhu

Terkait perawatan pada matras kasur. Anda harus memahami bahwa suhu ruangan cukup berpengaruh pada kondisi matras yang Anda miliki. Ya, hal ini cukup beralasan karena suhu akan mempengaruhi tingkat kelembapan di dalam ruangan. Ruang kamar yang terlalu lembap nantinya akan membuat matras kasur cenderung lebih mudah terserang jamur.

Oleh karenanya, pastikan jika suhu di ruang tidur Anda cenderung baik dan tidak terlalu lembap. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengusahakan ada sinar matahari yang masuk ke dalam ruang tidur untuk mengatasi masalah kelembapan yang mungkin terjadi.


3) Membersihkan matras kasur secara berkala

Untuk menjaga matras kasur yang Anda miliki tetap terjaga kenyamanan-nya, maka Anda harus membersihkannya secara berkala. Ya, hal ini cukup efektif karena memang pada dasarnya matras kasur tidak lepas dari debu dan bakteri. Dengan membersihkan secara berkala, tentu debu yang menempel bisa hilang sehingga matras akan lebih nyaman dan bersih.

Nah, untuk membersihkan matras kasur, Anda bisa menggunakan beragam vacuum cleaner yang didesain khusus untuk kasur. Selain itu, Anda perlu berhati-hati jika menggunakan air untuk membersihkan properti ini karena air yang tidak kering sempurna justru bisa menjadi penyebab munculnya jamur. 


4) Membalik matras

Perawatan lain yang juga cukup mudah namun penting adalah membalik matras. Tips perawatan ini bertujuan untuk menjaga tekanan pada matras sehingga masalah kempis di salah satu sisi matras bisa diatasi dengan lebih mudah.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips bagaimana Anda bisa melakukan perawatan pada kasur matras yang ada di rumah. Tentu, hasil terbaik hanya akan didapatkan dari pola perawatan yang teratur dan kontinu.

Selain itu, untuk memiliki matras kasur yang awet digunakan, pada dasarnya Anda juga harus bijak dalam memilih produk matras kasur. Dengan matras yang berkualitas, tentu saja kondisi matras akan cenderung terjaga. Nah, Anda bisa melihat produk-produk matras kasur terbaik demi mimpi indah setiap istirahat di Mimpi.co.id


Baca Juga