Pasang iklan gratis PASANG IKLAN (GRATIS)


Daftar Makanan Khas Banjarmasin yang Disukai Orang-Orang dari Daerah Lain


Kekayaan kuliner Indonesia memang sudah tak terbantahkan, tak terkecuali berbagai sajian kuliner di kota kita Banjarmasin.

Ada banyak sajian kuliner khas Kota Seribu Sungai yang menggugah selera, bahkan ada beberapa diantaranya yang disukai oleh orang-orang yang berasal dari daerah lain.

Lantas, apa saja itu?

Berikut ini akan kami paparkan daftar makanan khas Banjarmasin yang digemari orang-orang dari daerah lain.


daftar masakan makanan khas banjarmasin kalimantan selatan kalsel
Soto Banjar, salah satu makanan khas Banjarmasin


1. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang cukup terkenal se-antero Nusantara. Bahkan perusahaan terkenal Indofood saja membuat salah satu produk mie instan dengan rasa Soto Banjar. Ini membuktikan kalau Soto Banjar menjadi salah satu makanan khas Banjarmasin yang disukai orang-orang di daerah lain.

Soto Banjar sendiri memiliki karakteristik rasa dan aroma yang lebih pekat, jika dibandingkan dengan soto madura atau Soto Lamongan. Masakan ini disajikan dengan ketupat yang diiris beserta lauk berupa suwiran daging ayam, soun, perkedel, dan telur rebus.


2. Nasi Kuning Banjar

Nasi Kuning Banjar merupakan salah satu masakan yang identik dengan Banjarmasin, selain Soto Banjar. Setiap pagi, hampir di setiap warung makan pasti menyajikan menu nasi kuning ini. Bahkan ada juga beberapa depot yang menyajikan masakan nasi kuning di sore dan malam hari.

Sebenarnya di daerah lain juga memiliki kuliner berupa nasi kuning. Yang membedakan nasi kuning khas Banjar dengan nasi kuning daerah lain adalah pada lauk dan sambalnya.

Di Banjar, nasi kuning menggunakan sambal bumbu habang atau bumbu merah. Sedangkan lauknya bisa berupa ayam, telur, ikan gabus, itik, hingga dendeng sapi.

Selain lauknya yang berbeda, aroma Nasi Kuning Banjar ini juga berbeda karena berasnya dimasak dengan daun pandan agar lebih harum.


3. Mandai

Bagi yang belum tahu, Mandai merupakan kulit dari buah cempedak yang bisa dijadikan lauk.

Cara membuatnya, kulit buah cempedak diawetkan dengan garam kemudian disimpan dalam beberapa hari. Semakin lama mandai diawetkan, maka rasa asamnya akan lebih terasa -- dan garamnya akan lebih meresap.

Setelah diawetkan selama beberapa hari, mandai mentah dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak. Cara memasak lainnya, bisa juga dengan dipotong kecil-kecil, kemudian digoreng menggunakan sedikit minyak dan lebih banyak air.


4. Ketupat Kandangan

Seperti namanya, Ketupat Kandangan merupakan masakan khas Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Sajian kuliner khas Banjar ini berupa ketupat dengan kuah opor plus lauk. Untuk lauknya sendiri, biasanya berupa ikan atau telur.

Ciri khas dari Ketupat Kandangan adalah, rasa santan pada kuahnya yang sangat khas dan lezat.
Dijamin anda bakal ketagihan saat mencoba makanan khas Banjar ini.


5. Lontong Orari

Lontong Orari merupakan masakan lontong yang hanya bisa ditemukan di Banjarmasin.

Sebenarnya lontong ini mirip dengan lontong sayur pada umumnya, namun kuahnya yang lebih kental dan khas -- membuatnya spesial. Selain itu penamaan "orari" menjadi ciri khas tersendiri dari makanan khas Banjar ini.

Lantas, kenapa namanya lontong orari?

Rupanya ada sejarah dibalik penamaan lontong tersebut.

Seperti yang kita tahu, Orari adalah singkatan dari Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia. Makanan ini dulunya merupakan makanan wajib ketika Orari mengadakan pertemuan.

Lontong orari sendiri memiliki perbedaan dari lontong sayur pada umumnya. Perbedaan tersebut terletak pada lauknya yang berupa ikan gabus, ayam, atau telur yang dimasak dengan bumbu merah (masak habang).


Baca juga:

Apakah Banjarmasin pernah mengalami gempa bumi?


Itulah dia uraian tentang daftar masakan khas Banjarmasin yang cukup terkenal di Indonesia.

Rupa-rupanya tak hanya Soto Banjar yang disukai banyak orang, melainkan 4 menu lainnya juga lumayan mendapat tempat di hati orang-orang. (af)


(Referensi: https://bacaterus.com/)










Keindahan seni lukis bisa menjadi 'penghidup' suasana ruangan di rumah anda. Uniknya, lukisan asli buatan orang Bali ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga Rp 120 ribuan, lukisan dinding nan indah ini juga gratis ongkos kirim jika membeli via Shopee.

LIHAT GALLERY LUKISAN >>





Author:
Mohon bagikan postingan di atas, siapa tahu ada teman / kerabat anda yang sedang mencari-cari info di atas








Suka dengan artikel di atas? Yuk bagikan via:





Lihat Juga:

No comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

PROPERTI DIJUAL





PROPERTI DISEWAKAN





INTERIOR - FURNITUR





TUKANG BANGUNAN





ARTIKEL TERBARU