Pasang iklan gratis PASANG IKLAN (GRATIS)


Mengenal Bekantan, Hewan yang Jadi Maskot di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan


Banjarmasin sebagai ibukota Kalimantan Selatan rupanya memiliki maskot khusus. Adapun maskot yang dimaksud adalah hewan primata berhidung mancung, yaitu Batakan.

Untuk saat ini, populasi Bekantan di Kalimantan Selatan ada di Pulau Kaget, yang terletak di bawah Jembatan Barito.

Yang jadi pertanyaan, seperti apakah detail dari hewan ini?


mengenal bekantan, maskot banjarmasin kalimantan selatan
Bekantan


Dilansir dari laman Wikipedia, Bekantan memiliki nama ilmiah Nasalis Larvatus, yaitu sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis.

Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah, hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan pada spesies jantan. Jadi, untuk bekantan betina tidak memiliki hidung besar seperti bekantan jantan.

Untuk saat ini, masih belum jelas fungsi dari hidung bekantan yang 'mancung' itu. Namun pada umumnya monyet betina lebih menyukai jantan berhidung besar sebagai pasangannya. Karena hidungnya yang besar, bekantan juga dijuluki sebagai monyet Belanda.

Perlu anda ketahui, nama bekantan berasal dari bahasa Brunei, yaitu bangkatan.

Dari segi postur, bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg. Untuk monyet betina dapat mencapai tinggi 60 cm dengan berat 12 kg.

Selain memiliki hidung berukuran besar, bekantan juga memiliki perut yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena kebiasaannya yang suka mengonsumsi makanan. Adapun makanan kesukaan bekantan adalah buah-buahan, biji-bijian, dan aneka dedaunan yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Inilah yang mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi buncit.

Untuk habitat, bekantan biasanya tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Borneo (Kalimantan, Sabah, Serawak dan Brunai). Hewan ini lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 monyet.

Ciri lain yang dimiliki bekantan ialah, hewan ini mampu berenang dengan baik, dari satu pulau ke pulau lainnya. Untuk menunjang kemampuan berenangnya, pada sela-sela jari kaki bekantan terdapat selaputnya. Selain mahir berenang, bekantan juga bisa menyelam dalam beberapa detik, sehingga pada hidungnya juga dilengkapi semacam katup.

Perlu anda ketahui, bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan. Untuk maskot floranya adalah berupa buah kasturi.


Nama: Bekantan
Status konservasi: Terancam
Klasifikasi: ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Primata
Famili: Cercopithecidae
Upafamili: Colobinae
Genus: Nasalis É. Geoffroy, 1812
Spesies: N. larvatus
Nama binomial:
Nasalis larvatus Wurmb, 1787. (fa)









Untuk mempercantik dinding ruangan rumah anda, wallpaper sticker menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan. Selain harga yang terjangkau, dan motifnya yang cantik, wallpaper sticker juga mudah dipasang tanpa harus dibantu tenaga ahli. Silahkan pilih motif kesukaan anda, dan ingat -- harganya sangat terjangkau, cuma Rp 70 ribuan saja.

LIHAT GALLERY WALLPAPER >>





Keindahan seni lukis bisa menjadi 'penghidup' suasana ruangan di rumah anda. Uniknya, lukisan asli buatan orang Bali ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga Rp 120 ribuan, lukisan dinding nan indah ini juga gratis ongkos kirim jika membeli via Shopee.

LIHAT GALLERY LUKISAN >>





Tips:
- Tak ada jaminan valid mengenai info dan harga yang tercantum, harap hubungi pengiklan atau datangi langsung ke alamatnya
- Hindari transaksi melalui perantara manusia, transfer, sistem DP, dan pembayaran via cek








Suka dengan artikel di atas? Yuk bagikan via:





Lihat Juga:

No comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

KLIKBANJAR SALE


Perpaduan kaligrafi Arab dengan ornamen berbentuk bunga, menambah daya tarik ruangan anda. Uniknya, lukisan ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga 100 ribuan, lukisan kaligrafi ini juga gratis ongkos kirim. (NOTE: Lukisan dikirim langsung dari gallery yang ada di Bali).


BELI SEKARANG >>




PROPERTI DIJUAL





PROPERTI DISEWAKAN





TUKANG BANGUNAN





INTERIOR - FURNITUR





ARTIKEL TERBARU



Beli Lukisan Bali Beli Lukisan Dinding via Shopee