--> Skip to main content

Pertolongan Pertama untuk Penderita Asam Lambung



Normalnya penderita sakit asam lambung dapat menjalani pengobatan secara rawat jalan. Apalagi jika Anda mungkin memiliki asuransi rawat jalan dengan banyaknya klinik dan rumah sakit rekanan, tentunya akan semakin mempermudah Anda. Namun, meski begitu ada kalanya saat seorang penderita asam lambung mengalami kambuh dan harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan terbaik. 

Beberapa penyebab dari memburuknya kondisi penderita asam lambung adalah tidak disiplin dalam mengatur pola hidup sehat, sering mengkonsumsi makanan yang justru akan semakin memperparah, sampai pada ketidaktahuan tentang pertolongan pertama yang harus dilakukan saat sakit menyerang. Agar tidak sampai dirawat, ada baiknya penderita asam lambung dapat memahami apa yang harus dilakukan saat asam lambung naik dan membuat aktivitas kurang nyaman. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.


Melonggarkan pakaian yang dikenakan

Bukan hanya apa yang kita konsumsi, tekanan pada perut akibat mengenakan pakaian yang cenderung ketat juga dapat membuat asam lambung naik dan Anda merasa tidak nyaman beraktivitas. Saat kumat ada baiknya Anda segera melonggarkan pakaian yang ada kenakan dengan melepas ikat pinggang yang sesak, kait celana yang terlalu ketat dan mengenakan pakaian yang lebih longgar.


Mengkonsumsi permen karet

Meski sederhana, nyatanya aktivitas mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur dan menelannya ke dalam tubuh dapat meringankan gejalan asam lambung. Air liur yang ditelan dapat mengencerkan dan membersihkan zat asam lambung yang naik sampai kerongkongan. Cara ini juga akan membuat Anda menjadi lebih nyaman dan lebih tenang menghadapi sakit yang diderita.


Perhatikan postur tubuh

Postur tubuh dapat mempengaruhi kambuhnya penyakit asam lambung yang Anda derita. Jika posisi atau postur tubuh Anda kurang nyaman dapat menyebabkan tekanan pada sfingter esophagus bagian bawah yang berfungsi untuk mengontrol asam lambung agar tidak sampai naik ke kerongkongan. Saat kambuh, Anda dapat mencoba postur duduk tegak atau bahkan berdiri untuk mengurangi sakit yang diderita.


Konsumsi obat pereda

Jika kondisi sakit asam lambung sering kali Anda rasakan, ada baiknya Anda selalu membawa obat yang telah diresepkan oleh dokter kemanapun Anda pergi. Saat kambuh, Anda dapat segera mengkonsumsi obat pereda dan jika sakitnya makin menjadi pastikan Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Itu dia beberapa pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan jika sakit asam lambung yang diderita tiba-tiba kambuh. Tidak hanya untuk diri sendiri, tentunya Anda juga dapat menerapkannya kepada orang lain yang memiliki riwayat sakit yang sama. Namun jika Anda membutuhkan perlindungan yang cukup, ada baiknya Anda juga memiliki produk asuransi yang mampu memberikan perlindungan dari kondisi kesehatan yang tidak diinginkan. Jika masih bingung, coba #FiturTAMI yang menawarkan beragam produk asuransi menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga pembelian polisnya tentu lebih tepat sasaran.


Referensi:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/ini-pertolongan-pertama-saat-asam-lambung-naik

https://health.kompas.com/read/2020/10/04/103400568/3-hal-yang-harus-dilakukan-ketika-asam-lambung-kambuh?page=all



Baca Juga
> Jasa promosi produk / bisnis di website Klikbanjar.com
Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp4.650.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp209.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG