--> Skip to main content


Review Mobil Suzuki Ignis Terbaru dan Spesifikasinya

Mobil Ignis terbaru adalah satu produk Suzuki yang bisa dijadikan rekomendasi sebagai pilihan mobil keluarga. Mobil ini memiliki desain yang sangat unik, karena merupakan mobil dengan tipe low hatchback, tetapi memiliki gaya tak ubahnya seperti mobil SUV.

Diluncurkan pertama kali di India, Suzuki Ignis diperkenalkan di Indonesia pada April 2017. Tidak banyak perubahan yang dilakukan pihak Suzuki terhadap jenis mobil yang satu ini. Akan tetapi, secara performa, Suzuki Ignis bisa merebut hati pengguna mobil keluarga. Untuk mengenalnya lebih jauh, ini ulasannya. 



Fitur

Untuk fitur, Suzuki Ignis melakukan pengembangan hanya pada beberapa bagian saja. Selebihnya, Ignis masih mengandalkan fitur yang sudah ada pada Ignis model lama. Seperti mesin K12M 4 silinder 16 katup berkapasitas 1197 cc, ini sudah ada pada Suzuki Ignis model lama.

Yang nampak berubah adalah tambahan fitur keamanan pada mobil Ignis terbaru dengan fitur Anti-lock Braking System(ABS). Fitur ini akan memberikan jaminan keamanan pada pengemudi, terutama saat berkendara untuk menghindari terjadinya ban selip saat dilakukan pengereman mendadak.

Fitur lain yang dimiliki Suzuki Ignis dan menjadi andalan mobil jenis ini adalah tersedianya tombol start-stop engine. Tombol ini akan memudahkan pengemudi saat akan menyalakan mesin, atau saat kendaraan terjebak macet, maka mesin akan mati dengan sendirinya. 


Kapasitas Mesin

Suzuki dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar. Dalam sebuah uji coba yang pernah dilakukan pada tahun 2019, mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 17,2 kilo meter dengan hanya menghabiskan bahan bakar bensin sebanyak 1 liter saja. Ini cukup irit untuk kebutuhan mobil sekelas hatchback.

Mobil ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1197 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 82 hp. Kapasitas mesin ini cukup besar bila dibandingkan dengan ukuran bodinya yang cukup mungil. Dalam hal kapasitas mesin, Suzuki Ignis juga selangkah lebih unggul bila dibandingkan dengan mobil Ayla.

Meskipun Suzuki Ignis di desain sebagai mobil perkotaan, tetapi dengan kapasitas mesin yang dimilikinya, mobil ini bisa juga digunakan di jalanan pedesaan dengan medan yang cukup ekstrim. Apalagi ditunjang dengan bodinya yang mungil, mobil ini semakin lincah menembus jalanan kecil sekalipun. 


Desain Interior

Untuk desain interiornya, Suzuki Ignis memiliki desain yang cukup menarik. Meskipun pada bagian ini tidak banyak diperbaharui, tetapi sedikit perbedaan yang ada pada Suzuki Ignis cukup untuk membuat penampilan mobil ini menjadi semakin menarik.

Sedikit perubahan pada desainnya terletak pada jok mobil yang didesain dengan lebih menarik dengan corak garis. Selain itu, gagang pintu bagian dalam juga tampil dengan corak yang berbeda. 

Selanjutnya, ada dashboard juga yang dibuat semakin menarik dengan kombinasi warna putih dan hitam, sehingga tampak elegan. Ini membuatnya bisa tampil lebih fresh dan trendy.

Untuk kenyamanan penumpang, suzuki Ignis yang memiliki ukuran mungil, masih cukup lapang dengan desain 5 kusi. Apalagi kursi ini bisa diatur untuk dimajukan atau dimundurkan, sehingga keluasan ruang kemudi dengan ruang penumpang di belakang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.


Desain Eksterior 

Desain eksterior Suzuki Ignis sudah tidak perlu diragukan lagi tampilannya. Meski didesain sebagai mobil perkotaan, namun mobil ini memiliki karakter sebagai mobil SUV  juga, sehingga bisa digunakan pada medan yang kurang bersahabat. Termasuk di jalan pedesaan yang tidak rata atau jalan offroad ringan. 

Meski memiliki bodi mungil, tetapi Suzuki Ignis memiliki kolong yang cukup tinggi, yaitu sekitar 180 mm. Dengan desain ini, semakin melengkapi julukan Suzuki Ignis sebagai mobil yang sekelas SUV yang bisa menerobos jalan sulit dan terjal. 

Untuk bodi bagian depan, Suzuki Ignis tampil dengan grill model baru. Demikian juga dengan bumper depan dan belakang, bagian ini dilengkapi dengan diffuser. Untuk bodi belakang, mobil ini memiliki tampilan baru yang bisa dilihat pada lampu reflektornya.

Meskipun pada intinya mobil Suzuki Ignis ini tidak banyak dikembangkan desainnya, namun perubahan kecil pada beberapa bagian yang sudah dijelaskan cukup membuat tampilan Suzuki Ignis terlihat lebih menarik. Ditambah dengan pilihan warna yang elegan, tampilannya juga akan semakin mempesona. 


Baca Juga




Newest Post