Skip to main content


Ciri Virus Corona Menginfeksi Seseorang Tanpa Menunjukkan Gejala


Ciri virus corona apabila sudah menginfeksi seseorang dan orang tersebut tidak menunjukkan gejala apapun merupakan salah satu kondisi yang sangat berbahaya dan harus benar-benar mendapat perhatian. Dalam dunia kesehatan disebutkan bahwa orang yang tanpa memiliki gejala sering disebut dengan istilah carrier atau pembawa. Dan yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya untuk mendeteksi orang yang sudah terinfeksi covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala apapun?




Ciri virus corona yang sudah menginfeksi seseorang tentunya akan menunjukkan beberapa gejala yang perlu diketahui dan diwaspadai. Kondisi seperti ini bukan tanpa alasan melainkan kita harus ingat bahwa penularan covid-19 ini sangat cepat dan sangat susah untuk dikendalikan apabila seseorang yang tanpa memiliki gejala ini berinteraksi dengan orang yang masih sehat. Secara otomatis orang tersebut akan tertular dan terinfeksi covid-19. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwasanya orang yang terinfeksi covid-19 dan tidak memiliki gejala akan menunjukkan ciri mereka akan kehilangan kemampuan indera penciuman mereka atau dalam dunia kesehatan sering disebut dengan istilah anosmia. Berdasarkan pada jurnal American Academy menyebutkan bahwa anosmia adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kasus covid-19.
Ciri selanjutnya adalah orang tersebut akan kehilangan kemampuan indera perasa. Dalam dunia kesehatan disebut dengan istilah dysgeusia. Gejala tersebut memang dibenarkan oleh beberapa penelitian kesehatan termasuk salah satunya adalah Profesor Tim Spector yang berasal dari Kings Collage. Kondisi atau ciri corona apabila menginfeksi pada seseorang dan tidak menunjukkan gejala biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak.

Ada berbagai macam kemungkinan yang terjadi apabila virus tersebut sudah menginfeksi seseorang seperti contohnya adalah kasus dimana orang tersebut yang sudah positif covid-19 tetapi tidak secara sengaja melakukan interaksi dengan orang lain maka orang yang diajak interaksi tersebut tidak sadar bahwa dirinya juga akan terinfeksi oleh covid-19. Akan tetapi mengapa orang tersebut tidak menunjukkan gejala apapun? Hal ini dikarenakan tubuh mereka memiliki sistem imun yang cukup kuat jadi masih kuat untuk menahan sakit meski sebenarnya dirinya sudah positif covid-19.

Corona adalah salah satu pandemi yang tidak boleh disepelekan. Apabila kita mau berkaca pada orang-orang seperti di Italia dan Amerika yang gagal dalam menangani kasus covid -19 sehingga jumlah pasien yang kena sampai dengan mereka yang meninggal sangat tidak realistis. Jumlahnya sampai puluhan ribu. Oleh karena itu bila memang saat ini kita masih dalam keadaan sehat dan tidak ada gejala apapun sebisa mungkin untuk di rumah saja seperti yang sering dihimbaukan oleh pemerintah jangan sampai keluar rumah bila memang tidak dalam kondisi yang sangat mendesak.


Dalam rangka upaya pencegahan virus corona dan supaya tidak mudah tertular oleh covid-19 yang memiliki ciri virus corona tidak memiliki gejala bila memang terpaksa harus keluar dari rumah maka jangan lupa untuk menggunakan masker. Seperti yang telah diinfokan oleh presiden Joko Widodo atas himbauan WHO baik orang yang sakit atau mereka yang tidak sakit apabila sedang keluar dari rumah maka sangat diharapkan untuk menggunakan masker.

Hal ini dikarenakan masker dinilai memiliki manfaat yang cukup untuk meminimalisir penularan covid -19. Selain itu jagalah kebersihan diri sendiri dan jangan lupa rajin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Untuk informasi lebih lanjut mengenai covid- 19 Anda bisa kunjungi aplikasi Halodoc.

Baca Juga




close
Jual madu asli Yaman