--> Skip to main content


Inilah 8 Istilah Hotel yang Wajib Anda Ketahui


Saat pergi ke luar kota, salah satu penginapan yang sering digunakan, yaitu hotel. Hotel banyak dipilih karena fasilitasnya yang cukup lengkap, serta pelayanannya yang terbilang professional. Sebut saja saat Anda pergi ke Magelang untuk rekreasi. Anda tentu akan mencari hotel di Magelang yang tidak jauh dari objek-objek wisata.


apa saja istilah istilah dalam hotel



Namun, istilah-istilah hotel perlu diketahui sebelum Anda memesannya. Hal ini tentu saja untuk mengurangi miskomunikasi antara Anda dan pelayan. Oleh karena itu, simak beberapa istilah hotel di bawah ini.


1. Klasifikasi Hotel Bintang

Sebelum memesan hotel, ada baiknya untuk mencari tahu klasifikasi hotel yang akan dipesan. Jika ingin memesan hotel dengan fasilitas yang mewah dan lengkap, Anda bisa memesan hotel bintang 4 dan 5. Sedangkan jika Anda memiliki low budget, hotel bintang, 1,2, dan 3 tentu akan lebih cocok.


2. Jenis Kamar

Selain klasifikasi hotel, Anda juga harus mengetahui jenis kamar yang akan dipesan. Umumnya, ada enam jenis kamar yang disediakan oleh hotel, yaitu single room, standard room, superior room, deluxe room, dan presidential room. Urutan jenis kamar tersebut dimulai dari jenis yang paling sederhana, sampai yang paling mewah. Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun beberapa hotel mungkin ada yang menerapkan istilah berbeda untuk jenis kamarnya.


3. Black-out Date

Istilah yang satu ini bisa Anda ketahui saat memesan hotel secara online. Black-out date merupakan istilah yang digunakan saat kamar hotel sudah full-booked, sehingga Anda tidak bisa memesan kamar yang diinginkan.


4. Jenis Kasur

Selain istilah kamar, Anda juga harus mengetahui istilah jenis kasur yang digunakan di hotel. Anda bisa memesan jenis single-bed untuk satu orang, atau double bed yang bisa digunakan oleh dua orang. Kembali lagi, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan, ya!


5. Walk-in guest

Jika smartphone Anda mati total saat akan memesan kamar hotel, Anda bisa melakukan pemesanan secara walk-in guest. Walk-in guest merupakan istilah yang digunakan untuk memesan kamar hotel secara langsung.


6. Fasilitas kamar mandi

Fasilitas kamar mandi di rumah dengan di hotel umumnya jauh berbeda. Hotel biasanya menyediakan kamar mandi dengan fasilitas yang cukup mewah, sehingga Anda terkadang bingung untuk menggunakannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui istilah-istilahnya terlebih dahulu seperti bathtub, Jacuzzi, shower, dan masih banyak lagi.


7. High Season and Peak Season Surcharge

High season surcharge merupakan istilah yang sering digunakan saat momen-momen libur sekolah dengan waktu liburan yang panjang, sedangkan peak season surcharge merupakan istilah yang digunakan saat momen lebaran atau tahun baru yang memiliki waktu libur relatif singkat. Untuk itu, hindari berlibur pada saat momen tersebut karena harga kamar hotel akan semakin mahal.


8. Check-in dan Check Out

Saat akan memesan kamar hotel, Anda tentu harus mengetahui istilah check-in time dan check out. Check in merupakan waktu pendaftaran saat memesan kamar. Umumnya, waktu check-in dimulai dari jam 1 atau jam 2 siang sampai larut malam.

Sedangkan check out merupakan pemberitahuan akhir masa menginap. Biasanya, Anda bisa melakukan check out paling lambat jam 12 siang tergantung dari kebijakan setiap masing-masing hotel.


Itulah delapan istilah yang harus Anda ketahui saat akan memesan kamar hotel. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak mengalami salah memesan kamar yang tidak sesuai keinginan atau kebutuhan karena adanya istilah yang tidak dipahami.


Baca Juga