--> Skip to main content


Situs Tanya Dokter: Tips Mencari Konsultasi Dokter Online yang Tepat Sesuai Kebutuhan




Saat ini untuk mencari berbagai informasi seputar kesehatan terbilang lebih mudah. Karena kini mulai muncul berbagai trend baru konsultasi kesehatan melalui situs tanya dokter online maupun aplikasi kesehatan online. Jasa konsultasi kesehatan online dari beberapa dokter ahli di bidangnya ini bahkan bisa didapatkan secara gratis. Tentunya hal ini sangat membantu sekali untuk menjawab berbagai permasalahan kesehatan yang kadang muncul pada masing-masing individu.

Adanya konsultasi dokter online bisa dimanfaatkan untuk bertanya atau berkonsultasi tentang keluhan kesehatan yang dialami, setidaknya untuk kasus penanganan cepat yang tidak membutuhkan tindakan medis. Beberapa fitur live chat yang disediakan oleh konsultasi dokter online ini ada yang tidak memungut bayaran atau gratis, namun ada juga yang berbayar. Meskipun ada yang gratis, tetapi para konsultan kesehatan online tersebut juga membagikan info seputar dunia kesehatan dengan penuh konsistensi.

Bagi yang masih awam menggunakan layanan konsultasi dokter online, pastinya cukup bingung untuk menuju layanan online mana yang tepat dan aman. Karena memang layanan konsultasi online yang tersedia di dunia maya saat ini terbilang cukup banyak, baik yang bisa diakses melalui situs tanya ke dokter online di website, maupun yang bisa diakses melalui aplikasi online. Nah, maka dari itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tempat konsultasi kesehatan online yang tepat dan aman, yaitu:


1. Jangan mudah tertipu dengan penampilan dokter

Meskipun penampilan menjadi salah satu hal yang menjual, namun jangan mudah terkecoh hanya karena jas putih yang dikenakan dokter online. Anda perlu mengecek terlebih dahulu kredibilitas dokter yang bersangkutan melalui situs Konsul Kedokteran Indonesia (KKI). Pastikan dokter tersebut memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang merupakan bukti tertulis tenaga kesehatan dan diberikan oleh pemerintah langsung.


2. Tidak hanya menyajikan artikel kesehatan

Sebaiknya pilih aplikasi konsultasi dokter yang tidak hanya memberikan kutipan kesehatan berdasarkan penelitian yang sudah lalu, namun juga menghadirkan dokter nyata yang telah diakui oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia), misalnya melalui fitur live chat. Selain Anda akan jauh lebih aman karena bisa berbicara langsung dengan dokter, juga akan lebih update tentang tips kesehatan terkini.


3. Cek ulasan pengguna lain sebelum membeli obat

Selain menyediakan tips seputar dunia kesehatan, beberapa aplikasi konsultasi dokter online ada juga yang menyediakan layanan pengantaran obat. Bagi Anda yang memiliki kesibukan padat, layanan sejenis ini tentunya akan sangat membantu. Namun ada baiknya sebelum membeli obat melalui layanan online ini, Anda mengecek ulasan pengguna lainnya. Selain itu, aplikasi yang terpercaya biasanya akan meminta resep asli sebelum menyetujui transaksi.


4. Perhatikan reputasi rumah sakit yang dianjurkan

Selain adanya layanan pengantaran obat, aplikasi konsultasi dokter online biasanya juga memiliki direktori rumah sakit. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang sedang berada di luar kota dan membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit terdekat. Pastikan jika informasi rumah sakit yang diberikan oleh aplikasi tersebut lengkap, terutama untuk fasilitas-fasilitas yang disediakan. Perhatikan juga apakah rumah sakit tersebut bisa terjangkau dengan budget yang Anda miliki.


5. Semakin lengkap layanannya, semakin baik

Perhatikan apakah situs tanya dokter atau aplikasi konsultasi dokter online yang Anda tuju memiliki fitur yang lengkap. Jika memang lengkap, maka layanan online tersebut memang serius dalam menangani pasien. Seperti pada aplikasi Halodoc yang memberikan layanan kesehatan terpadu bagi para penggunanya. Tak hanya bisa melakukan tanya jawab seputar kesehatan saja, aplikasi Halodoc juga sudah terkoneksi dengan apotek antar dan laboratorium.

Baca Juga