Pasang iklan gratis PASANG IKLAN (GRATIS)


Apakah Banjarmasin, Kalimantan Selatan Pernah Mengalami Gempa Bumi?


Beberapa bulan terakhir, Indonesia beberapa kali mengalami gempa bumi, yakni di Lombok -- kemudian yang lebih parah yakni di Palu.

Beberapa tahun sebelumnya juga pernah terjadi gempa bumi parah, seperti di Aceh hingga di Jogja.

Yang jadi pertanyaan, apakah di kota kita Banjarmasin, Kalimantan Selatan pernah mengalami gempa bumi?


apakah di banjarmasin kalsel pernah mengalami gempa bumi
Apakah gempa bumi pernah terjadi di Banjarmasin, Kalsel?


Dalam beberapa tahun terakhir, di Banjarmasin rupanya tak pernah mengalami gempa bumi. Kemungkinan di masa lampau mungkin ada, akan tetapi kami belum mendapatkan informasi akan hal itu.

Namun untuk kawasan Kalimantan Selatan rupanya pernah mengalami gempa bumi. Gempa tersebut terjadi di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tepatnya pada 5 April 2016.

Berdasarkan catatan yang kami dapat, gempa yang terjadi hanyalah gempa ringan alias getaran -- yang terjadi selama 5 detik saat malam hari. Selang beberapa detik kemudian, getaran kedua kembali terasa -- namun masih berupa getaran ringan.


Karena mengalami kejadian yang tak biasa, mendadak para warga kala itu langsung berhamburan ke luar rumah. Di lini masa media sosial pun para warga ramai-ramai bikin status tentang gempa di daerah mereka.

Getaran serupa juga dirasakan sejumlah prajurit di Batalyon 621 Manuntung Barabai. Di sela-sela acara syukuran kenaikan pangkat, para prajurit ikut merasakan getaran singkat tersebut.


Setelah diteliti lebih lanjut, rupanya Gugusan Pegunungan Meratus tepatnya di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, diguncang gempa bumi ringan, dengan kekuatan 4,1 skala Richter.

Berdasarkan keterangan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Ibnu Sulistyo, mengatakan bahwa gempa terjadi pada hari Rabu (5/4/2016) pukul 20.35 Wita dengan durasi yang cukup sebentar, yakni 2-3 detik.

Ia menambahkan bahwa pusat gempa terpantau ada di koordinat 1,94º Lintang Selatan dan 115,46º Bujur Timur.

Berdasarkan analisa Ibnu, ia menduga bahwa getaran terjadi karena aktivitas seiser aktif geser dan turun di sebagian titik gugusan Pegunungan Meratus.

Tak hanya di HST, guncangan gempa juga merambat hingga Kabupaten Tabalong di sebelah utara Kalimantan Selatan.


Berdasarkan laporan dari tim lapangan, kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan Nursjamsi, ada retakan di sekitar lereng Pegunungan Meratus. Ia meyakini retakan itu akibat pergeseran lempengan kerak bumi, bukan dari aktivitas peledakan dinamit tambang alias blasting.

Hal itu dikarenakan di Kabupaten HST belum ada aktivitas pertambangan batu bara maupun tambang lainnya. Alhasil gempa yang terjadi di sana murni karena bencana alam.


Baca juga:



Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gempa bumi pernah terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, hingga Kabupaten Tabalong.

Jadi terjawab sudah pertanyaan "apakah Banjarmasin pernah mengalami gempa bumi?" Dan jawabannya adalah belum pernah. (fa)









Keindahan seni lukis bisa menjadi 'penghidup' suasana ruangan di rumah anda. Uniknya, lukisan asli buatan orang Bali ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga Rp 120 ribuan, lukisan dinding nan indah ini juga gratis ongkos kirim jika membeli via Shopee.

LIHAT GALLERY LUKISAN >>





Author:
Mohon bagikan postingan di atas, siapa tahu ada teman / kerabat anda yang sedang mencari-cari info di atas








Suka dengan artikel di atas? Yuk bagikan via:





Lihat Juga:

No comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

PROPERTI DIJUAL





PROPERTI DISEWAKAN





INTERIOR - FURNITUR





TUKANG BANGUNAN





ARTIKEL TERBARU