Pasang iklan gratis PASANG IKLAN (GRATIS)


Tips Menjual Rumah Bagi Anda yang Ingin Menjual Rumah


Klikbanjar.com | Berinvestasi di ranah properti -- seperti rumah misalnya -- sangatlah mudah bagi yang memiliki modal dan mampu membeli rumah. Permasalahan terjadi saat ingin menjual rumah tersebut -- di mana akhir-akhir ini cukup sulit untuk menjual rumah hingga laku.

Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan di atas?

Guna mengatasi permasalahan di atas, di sini akan kami paparkan tips-tips menjual rumah agar efektif dan cepat laku. Tips-tips berikut ini kami kutip dari situs Raywhitebanjarmasinkota.com yang merupakan agen properti terkemuka di Kota Banjarmasin.

Lantas, apa sajakah tipsnya?


tips menjual rumah agar cepat laku bagi pemilik properti
Tips menjual rumah agar cepat laku / via Pixabay


1. Menentukan harga jual yang tepat

Menentukan harga jual yang tepat, merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam menjual rumah anda. Perhatikan, kalau harga jual di bawah pasaran -- meski cepat laku -- namun hanya akan untung sedikit atau malah rugi. Sebaliknya, apabila harga yang ditetapkan terlalu tinggi -- malah akan sulit terjual.

Lantas, bagaimana cara untuk menentukan harga jual rumah yang tepat?

Caranya yaitu:

a. Carilah informasi harga pasaran rumah di lingkungan anda, berdasarkan rumah yang sudah terjual -- atau yang sedang dijual.

b. Apabila anda sulit dalam menentukan harga, anda bisa meminta bantuan pada agen properti untuk menganalisa, menghitung dan membuat appraisal berapa harga yang sesuai untuk rumah yang anda jual.


2. Media promosi yang tepat sasaran

Di era digital seperti sekarang, mempromosikan properti tak hanya dari mulut ke mulut, tapi juga bisa lewat internet, seperti media sosial, media chatting, dan situs iklan baris (seperti OLX).

Anda bisa juga memasang iklan properti secara gratis di situs ini, silahkan KLIK DI SINI.

Jangan lupa, siapkan informasi detil mengenai properti yang anda jual, seperti:

a. luas tanah

b. luas bangunan

c. sertifikat kepemilikan

d. posisi rumah

e. jumlah kamar tidur, kamar mandi dan keterangan lain yang mendukung kelebihan properti anda sehingga menarik minat calon pembeli

dan lain sebagainya.


3. Legalitas dokumen rumah

Legalitas dokumen rumah yang anda jual sangat penting untuk anda persiapkan sebelum menjual rumah tersebut. Terkadang ada saja calon pembeli (yang teliti) akan memeriksa kelengkapan dan keabsahan surat-surat seperti Girik, Hak Pakai, Hak Guna Bangunan, Hak Milik, dan sejenisnya.

Kemudian ada juga dokumen pendukung yang harus anda persiapkan, seperti bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) bila itu berupa rumah/ ruko.

Maka dari itu, persiapkan semua dokumen hukum di atas -- agar urusan jual-beli jadi lebih mudah. Kalau perlu, anda bisa meminta bantuan notaris untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen sekaligus membantu menyelesaikan urusan legalitas dokumen.

Lantas, bagaimana jika pemilik rumah yang dijual sudah meninggal dunia?

Siapkan surat keterangan meninggal dunia dari kelurahan setempat dan siapa saja ahli warisnya. Para ahli waris akan memberi kuasa kepada salah satu dari anggota keluarga yang ditunjuk untuk menjual (Surat Kuasa Menjual) -- agar memperlancar proses transaksi (apabila ada lebih dari satu ahli waris).


4. Metode pembayaran yang disepakati

Metode pembayaran yang disepakati sangat penting untuk 'proses akhir' jual-beli rumah. Apabila tak ada kesepakatan mengenai teknis pembayaran, seperti besaran uang muka, waktu pelunasan dan ketidaksepakatan dalam pembayaran pajak jual beli, maka transaksi berpotensi gagal.

Apabila anda kesulitan dalam fase ini, silahkan gunakan bantuan notaris dalam hal perincian tentang perjanjian proses pembayaran, seperti berapa kali, kapan pembayaran dilakukan dan denda yang dikenakan jika salah satu pihak melanggar kesepakatan.


5. Gunakan jasa agen properti bagi anda yang tak ingin repot

Melihat betapa ribetnya hal-hal yang dipersiapkan untuk menjual properti, mungkin tak semua orang mau repot melakukannya. Bagi anda yang ingin simpel, cobalah untuk menghubungi agen properti yang bisa membantu menjual rumah anda.

Anda juga akan dibimbing untuk memahami prosedur penjualan properti, penentuan harga yang kompetitif, cara pemasaran yang optimal, proses KPR, dan proses transaksi di notaris. Dan salah satu agen properti terkemuka (khusus di Banjarmasin) yang bisa anda hubungi adalah Ray White Banjarmasin. Silahkan kunjungi situsnya di >> Raywhitebanjarmasinkota.com.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan tentang 5 tips menjual rumah bagi anda yang ingin menjual rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, dan semoga properti yang anda jual cepat laku. (fa)









Keindahan seni lukis bisa menjadi 'penghidup' suasana ruangan di rumah anda. Uniknya, lukisan asli buatan orang Bali ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga Rp 120 ribuan, lukisan dinding nan indah ini juga gratis ongkos kirim jika membeli via Shopee.

LIHAT GALLERY LUKISAN >>





Author:
Mohon bagikan postingan di atas, siapa tahu ada teman / kerabat anda yang sedang mencari-cari info di atas








Suka dengan artikel di atas? Yuk bagikan via:





Lihat Juga:

No comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

PROPERTI DIJUAL





PROPERTI DISEWAKAN





INTERIOR - FURNITUR





TUKANG BANGUNAN





ARTIKEL TERBARU