Skip to main content

Investasi Properti Atau Emas? Baca 3 Hal Berikut ini!

Klikbanjar.com | Berinvestasi merupakan langkah cerdas dan dianggap lebih potensial ketimbang menabung. Umumnya, orang-orang akan berinvestasi ke ranah properti atau emas, karena keduanya merupakan investasi yang paling simpel.

Bicara soal investasi emas atau properti, manakah yang akan anda pilih untuk kebutuhan investasi anda?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, silahkan baca 3 hal di bawah ini!


pilih investasi emas atau investasi properti? baca hal ini
Investasi emas atau properti? / via Pixabay


1. Berinvestasi emas lebih murah dari properti, namun properti bisa dijadikan usaha (misalnya disewakan)

Berinvestasi emas memiliki keunggulan ketimbang properti, yakni dari segi modal. Kalau properti harus memiliki modal puluhan hingga ratusan juta, investasi emas bisa dilakukan dengan modal ratusan ribu saja. Semakin sedikit anda membeli emas, maka harganya pun semakin murah.

Namun, yang namanya emas tidak bisa dijadikan 'sumber penghasilan', beda dengan properti yang bisa anda jadikan 'mesin uang' -- yakni dengan disewakan.

Dengan menyewakan properti, maka anda memiliki pasiv income bulanan yang masuk ke kantong anda. Dan menyewakan properti tak mempengaruhi harga jual properti, malah harganya akan terus naik dari waktu ke waktu.


2. Harga jual emas mengikuti harga pasar, harga jual properti terserah kita

Ketika anda berinvestasi emas, maka anda akan membeli dan menjualnya menyesuaikan harga pasar (tidak boleh di atas harga pasar, di bawah harga pasar boleh). Sedangkan properti -- membeli dan menjualnya biasanya dengan harga yang fleksibel alias terserah si pemilik properti. Namun, dalam penentuan harga -- sang pemilik properti akan mempertimbangkan lokasi, luas bangunan, luas tanah, kualitas bahan bangunan, usia bangunan, dan lain sebagainya.


3. Properti memerlukan perawatan ekstra, kalau perawatan emas tak sesulit properti

Kalau anda berinvestasi dalam bentuk properti (terutama bangunan), maka semakin lama 'mengendap' -- properti tersebut semakin memerlukan perawatan yang ekstra. Bisa saja ada dinding yang retak, cat yang terkelupas, atap yang bocor, maupun kerusakan lainnya yang memerlukan biaya perawatan.

Beda dengan investasi emas, di mana emas tak memerlukan perawatan yang ekstra. Bahkan anda (khusus perempuan) bisa menggunakan emas sebagai perhiasan. Ketika emas mau dijual, barulah anda perlu untuk memperbagus tampilan emas agar lebih mengkilap.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan singkat mengenai 'perbandingan' antara berinvestasi dalam bentuk emas dengan berinvestasi dalam bentuk properti. Yang jadi pertanyaan, manakah instrumen investasi yang akan anda pilih di antara keduanya?

Silahkan berikan jawaban anda di kolom komentar! (af)


Baca Juga