Pasang iklan gratis PASANG IKLAN (GRATIS)


3 Kendala Mengapa Transaksi Jual-Beli Properti Sulit Dilakukan Secara Online


Klikbanjar.com | Di era digital seperti sekarang, kita sering melihat banyak situs yang mengiklankan produk properti secara online. Namun, tak ada satupun dari situs tersebut yang menjadi penyedia escrow (rekening bersama) dan menjadi perantara transaksi jual-beli secara online.

Mengapa bisa demikian?

Jawabannya bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini. Di sini akan dijelaskan mengenai 3 kendala mengapa jual-beli properti sulit dilakukan secara online. Kendala-kendala tersebut meliputi:


kenapa transaksi pembayaran properti tak bisa secara online
Mengapa transaksi properti sulit dilakukan secara online? / via Pixabay


1. Harga properti yang terlampau besar

Tak seperti Bukalapak dan Tokopedia yang memiliki fitur rekening bersama, situs-situs properti seperti Rumah.com, Rumah123, Lamudi, Mitula, dan UrbanIndo tak memiliki fitur serupa.

Hal itu disebabkan karena transaksi di Tokopedia maupun Bukalapak tergolong kecil per transaksinya. Kalau dibandingkan harga per unit properti, tentu harga produk-produk di Tokopedia dan Bukalapak tidak ada apa-apanya.

Sehubungan dengan tingginya harga properti inilah -- yang membuat transaksi properti sulit dilakukan secara online. Pembeli menjadi takut mentransferkan uangnya dalam jumlah besar -- lantaran beresiko.


2. Banyak dokumen yang harus disiapkan

Selain karena tingginya harga properti, transaksi jual-beli properti juga melibatkan banyak dokumen, dan tentunya sangat perlu untuk menyertakan notaris. Belum lagi untuk proses akad jual-beli yang harus dilakukan secara langsung.

Hal inilah yang menyebabkan transaksi jual-beli properti sulit dilakukan secara online, karena sifatnya yang lumayan ribet. Beda dengan transaksi jual-beli di Tokopedia dan Bukalapak yang tak perlu menyertakan dokumen, materai, dan tentunya notaris. Sehingga transaksi via Tokopedia dan Bukalapak bisa dilakukan secara online.


3. Bisnis properti sifatnya masih lokal jadi bisa COD 

Bisnis jual-beli properti sifatnya masih lokal. Artinya, pembeli dan penjual masih berada di daerah / kota yang sama.

Sangat jarang terjadi orang dari provinsi A membeli properti di provinsi B, karena properti yang akan dibeli pasti harus dipantau dan dilihat dulu. Jadi sifat jual-beli properti umum dilakukan secara COD (Cash on Delivery / bayar di tempat), karena calon pembeli akan memantau bangunan dari luar, bangunan dari dalam, luas tanah, kondisi akses/jalan, dan lain sebagainya. Istilahnya pembeli dan penjual harus bertemu langsung.


Baca juga:



Itulah dia pemaparan singkat mengenai 3 kendala mengapa transaksi jual-beli properti sulit dilakukan secara online.

Semoga bermanfaat! (af)









Untuk mempercantik dinding ruangan rumah anda, wallpaper sticker menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan. Selain harga yang terjangkau, dan motifnya yang cantik, wallpaper sticker juga mudah dipasang tanpa harus dibantu tenaga ahli. Silahkan pilih motif kesukaan anda, dan ingat -- harganya sangat terjangkau, cuma Rp 70 ribuan saja.

LIHAT GALLERY WALLPAPER >>





Keindahan seni lukis bisa menjadi 'penghidup' suasana ruangan di rumah anda. Uniknya, lukisan asli buatan orang Bali ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga Rp 120 ribuan, lukisan dinding nan indah ini juga gratis ongkos kirim jika membeli via Shopee.

LIHAT GALLERY LUKISAN >>





Tips:
- Tak ada jaminan valid mengenai info dan harga yang tercantum, harap hubungi pengiklan atau datangi langsung ke alamatnya
- Hindari transaksi melalui perantara manusia, transfer, sistem DP, dan pembayaran via cek








Suka dengan artikel di atas? Yuk bagikan via:





Lihat Juga:

No comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

KLIKBANJAR SALE


Perpaduan kaligrafi Arab dengan ornamen berbentuk bunga, menambah daya tarik ruangan anda. Uniknya, lukisan ini terdiri dari 4 frame / bingkai yang disusun menjadi satu perpaduan lukisan. Dengan harga 100 ribuan, lukisan kaligrafi ini juga gratis ongkos kirim. (NOTE: Lukisan dikirim langsung dari gallery yang ada di Bali).


BELI SEKARANG >>




PROPERTI DIJUAL





PROPERTI DISEWAKAN





TUKANG BANGUNAN





INTERIOR - FURNITUR





ARTIKEL TERBARU



Beli Lukisan Bali Beli Lukisan Dinding via Shopee