Skip to main content

Sulit Menjual atau Menyewakan Ruko? Lakukan 3 Hal ini Pada Ruko Anda!

Klikbanjar.com | Berinvestasi dalam bentuk ruko memang menjanjikan, karena ruko bisa dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi, atau bisa
disewakan. Namun, dalam 2 tahun terakhir bisnis properti sedang lesu, alhasil sangat sulit untuk menjual ataupun menyewakan properti, terutama ruko.

Lantas, apa yang harus dilakukan pada ruko tersebut?

Agar tetap 'menghasilkan', anda bisa melakukan 3 hal ini pada ruko milik anda, diantaranya:


sulit menjual atau menyewakan ruko di banjarmasin lakukan ini
Salah satu ruko yang dijual di Banjarmasin



1. Manfaatkan ruko untuk dijadikan tempat usaha

Apabila tidak ada yang berminat membeli atau menyewa ruko anda, maka lebih baik anda yang 'turun tangan' untuk memanfaatkan ruko tersebut. Anda bisa menjalankan usaha di sana, seperti berjualan, membuka jasa barber shop (atau jasa lainnya), membuka rumah billiar, membuat tempat fitness, membuka usaha karaoke keluarga, membikin kafe, dan lain sebagainya.

Dengan menjalankan usaha di ruko milik sendiri, setidaknya anda tak perlu pusing memikirkan biaya sewa. Alhasil, keuntungan jauh lebih besar ketimbang harus menyewa ruko di tempat lain.


2. Manfaatkan ruko untuk dijadikan sarang walet

Selain bisa dimanfaatkan untuk usaha-usaha 'mainstream' (seperti di poin pertama), anda juga bisa menggunakan ruko anda untuk dibuatkan sarang walet. Tentu kegiatan ini jauh lebih menjanjikan (hasilnya) ketimbang usaha-usaha 'mainstream'.

Perlu anda ketahui, nilai jual sarang walet bisa mencapai 5 - 14 juta per kilogramnya. Bayangkan kalau anda bisa panen berkilo-kilo per 2 bulan (biasanya panen 2 bulan sekali), maka akan banyak uang yang masuk ke kantong anda.

Dalam hal penjualan, tenang saja -- karena banyak broker / makelar sarang walet yang berada di pulau Jawa. Mereka-lah yang akan 'mengurus' klien / pembeli sarang walet yang biasanya berasal dari Cina daratan.


3. Gadaikan ruko, apabila anda benar-bebar memerlukan uang dalam jumlah yang besar

Apabila anda tipikal orang yang malas untuk menjalankan usaha / bisnis, anda bisa menggadaikan ruko anda ke pihak lain. Dengan catatan, kalau anda memang membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Ketahuilah, orang-orang lebih suka menggadai ruko ketimbang menyewa (apabila ia tak sanggup membeli). Hal itu dikarenakan uang mereka akan kembali seutuhnya (tanpa kurang sedikitpun) -- apabila kerjasama gadai berakhir.

Baca juga:



Itulah dia pembahasan singkat mengenai cara memanfaatkan ruko, apabila tak laku dijual ataupun disewakan. Lebih baik anda lakukan cara-cara di atas, daripada ruko anda menganggur dan 'disia-siakan' begitu saja. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Setuju? (af)


Baca Juga