Skip to main content

3 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Rumah (Agar Nilai Jualnya Tinggi)

Klikbanjar.com | Anda ingin menjual rumah, namun anda ingin untung besar?

Apabila jawabannya YA, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan terhadap rumah tersebut. Setelah anda melakukannya, maka potensi rumah anda laku dengan harga yang tinggi -- lebih besar ketimbang anda tak melakukan apapun terhadap rumah anda.

Lantas, apa yang harus dilakukan sebelum anda menjual rumah (agar nilai jualnya tinggi)?

Jawabannya bisa dilihat pada 3 tips di bawah ini!


hal yang dilakukan agar nilai jual rumah bekas tinggi
Hal-hal yang bisa dilakukan sebelum menjual rumah



1. Perbaiki segala kerusakan yang ada di dalam rumah

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah, memperbaiki segala kerusakan yang ada di rumah yang akan anda jual (kalau ada kerusakan). Sebagai contoh, atap yang bocor, dinding yang retak, pintu yang rusak, closet yang mampet, dan kerusakan-kerusakan lainnya yang harus anda perbaiki.

Apabila anda memperbaiki semua kerusakan tersebut, maka hal itu akan menjadi nilai tambah bagi rumah yang anda jual. Dengan begitu, anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi ketimbang tanpa perbaikan sama sekali.


2. Perbarui cat rumah agar terlihat baru

Setelah semua kerusakan diperbaiki, tugas anda selanjutnya adalah 'mempercantik' tampilan rumah anda.

Sebagai contoh, anda bisa mengecat bagian luar dan dalam rumah dengan cat yang baru dan berkualitas, agar tahan lama. Kemudian anda juga bisa menambahkan bahan partisi pada area-area yang kurang menarik, agar bisa tertutupi. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian kaca, lantai, dinding kamar, mempercantik pintu rumah, membersihkan halaman, dan lain sebagainya.

Dengan tampilan rumah yang cantik, bersih, rapi, dan asri, maka nilai jual rumah anda akan semakin tinggi. Ingat, kesan pertama calon pembeli adalah, 'dari mata turun ke hati'.


3. Tambahkan fasilitas rumah dalam paket penjualan (opsional)

Langkah yang ketiga ini hanya sebagai opsi tambahan saja. Apabila anda ingin nilai jual yang lebih tinggi, maka anda bisa menambahkan fasilitas di rumah yang anda jual, seperti TV, Kulkas, AC, mesin cuci, dan lain sebagainya. Namun, tentunya anda harus mengeluarkan modal lebih untuk membeli fasilitas-fasilitas tersebut.

Baca juga:



Itulah dia hal-hal yang harus anda lakukan sebelum menjual rumah, agar nilai jualnya tinggi. Semoga penjelasan yang singkat di atas bisa memberikan manfaat untuk anda semua! (af)


Baca Juga
> Jual eBook bisnis online kekinian: Rp25.000, bisa bayar pakai pulsa, loh!