Skip to main content

3 Alasan Kenapa Harus Membeli Rumah Bekas Daripada Rumah Baru

Bagi anda yang ingin membeli rumah, apakah anda masih kebingungan dalam memilih rumah yang baru atau rumah yang bekas?

Ketahuilah, baik rumah baru atau rumah bekas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang dibahas di artikel kali ini adalah mengenai kelebihan rumah bekas ketimbang rumah baru.

Lalu, apa saja alasan lebih memilih rumah bekas ketimbang rumah yang baru?

Berikut 3 alasannya!


alasan mebeli rumah bekas daripada rumah baru
Alasan memilih rumah bekas ketimbang rumah baru



1. Harga lebih murah

Sudah pasti, harga rumah bekas vs harga rumah baru dengan kualitas bangunan yang sama dan lokasi yang sama (sama-sama startegis atau tidak strategis) tentunya lebih murah harga rumah bekas.

Tentunya hal ini merupakan salah satu nilai plus bagi anda yang ingin membeli rumah, namun memiliki budget yang tak terlalu besar. Daripada anda memaksakan diri untuk membeli rumah baru secara kredit, lebih baik anda membeli rumah bekas secara tunai.

Nantinya anda juga bisa memperbarui bagian-bagian rumah agar tampak lebih baru secara perlahan-lahan, sesuai dengan penghasilan anda. Misalkan, bulan ini anda bisa mengecat rumah bagian luar, kemudian bulan depan mengecat bagian dalam rumah, kemudian bulan depannya lagi mengganti keramik, dan seterusnya.


2. Akses / jalan lebih baik

Ini yang membedakan antara rumah bekas dengan rumah baru, di mana rumah bekas memiliki akses jalan yang lebih baik / 'lebih matang (berumur)'.

Kenapa bisa demikian?

Jawabannya karena rumah bekas sudah lama berada di suatu kawasan, dan biasanya sudah banyak perbaikan dari segi akses jalan menuju rumah tersebut.

Bandingkan dengan rumah baru yang dikembangkan oleh developer, biasanya akses jalannya kurang bagus dan terlihat 'seadanya'. Namun ada pengecualian apabila yang mengembangkan kawasan perumahan adalah developer besar (misalnya Ciputra).


3. Bisa mendapat fasilitas tambahan (opsional)

Yang namanya rumah baru, pastinya dalam keadaan kosong melompong. Beda dengan rumah bekas, ada kemungkinan penjual menyertakan fasilitas tambahan ketika menjual rumahnya. Namun, hal ini hanya beberapa saja, alias tidak semua rumah bekas menyertakan fasilitas di dalamnya.

Adapun bagi penjual yang menjual rumah beserta fasilitasnya, biasanya menyertakan televisi, mesin cuci, kulkas, ataupun fasilitas lainnya.


Baca juga:



Itulah dia penjelasan singkat mengenai 3 alasan kenapa harus membeli rumah bekas ketimbang rumah yang baru.

Yang patut anda perhatikan, penjelasan di atas bukan berarti anda harus membeli rumah bekas. Semua terserah anda, mau beli yang baru atau yang bekas, yang penting sesuai dengan budget dan selera anda! (af)


Baca Juga